Dampak Berkurangnya Keanekaragaman Tumbuhan


Dampak Berkurangnya Keanekaragaman Tumbuhan

google.com



Hai sobat, sudah sarapan hari ini ? kalo belum, yuk sarapan bareng sama kita di sini. Kebetulan pada kesempatan kali ini menu sarapannya ialah dampak berkurangnya keanekaragaman tumbuhan bagi ekosistem. Dengan menu sarapan kali ini sobat semua akan mengetahui apa saja sih dampak yang akan ditimbulkan jika keanekaragaman tumbuhan berkurang. So, mari kita santap saja menu sarapan kali ini.

Berkurangnya keanekaragaman tumbuhan di alam tentu akan memberikan efek, baik secara langsung ataupun tidak langsung akan merugikan manusia. Karena manusia, hewan dan tumbuhan merupakan komponen ekosistem alam yang saling berkaitan. Tentu jika salah satu komponen itu berkurang, pasti hubungan antara komponen yang lainnya akan terganggu dan akan mengakibatkan suatu dampak negatif bagi ekosistem alam. Nah, berikut ini beberapa dampak yang timbul jika keanekaragaman tumbuhan berkurang :

Kepunahan

Kepunahan berarti hilangnya suatu spesies. Kebakaran hutan menghancurkan habitat, satwa dan tanaman secara langsung dan besar-besaran. Sementara yang bertahan akan menghilang secara perlahan dan mengakibatkan hewan atau tumbuhan menjadi langka dan akhirnya punah

Kekeringan

Semakin berkurangnya pepohonan di hutan akan menyebabkan cadangan air tanah menurun, karena pohon merupakan penyimpan cadangan air tanah untuk musim kemarau, terutama yang berasal dari air hujan. Apabila pepohonan di hutan berkurang, masyarakat di sekitar hutan dapat mengalami kekurangan air di musim kemarau karena cadangan air tanah berkurang. Kekeringan akan menjadi bencana alam apabila mulai menyebabkan suatu wilayah kehilangan sumber pendapatan akibat gangguan pada pertanian dan ekosistem yang di timbulkannya. Dan masih banyak lagi kerugian yang akan timbul dari kekeringan, karena kita tahu air merupakan sumber kehidupan yang sangat vital bagi manusia, hewan maupun tumbuhan.

Banjir

Pada musim penghujan dapat terjadi banjir karena tidak adanya pepohonan di hutan yang dapat menyerap air hujan. banjir akan memberikan dampak terhadap hidup manusia, seperti rusaknya infrastruktur, terputusnya transportasi, korban nyawa, wabah penyakit dan masih banyak lainnya yang merugikan kelangsungan hidup.

Longsor

Sebagaimana kita ketahui, pohon-pohon di hutan atau tebing dapat menahan tanah dengan akarnya. Oleh karenanya jika pepohonan berkurang, tanah yang terguyur air hujan tidak ada lagi yang menopangnya. Hal ini dapat mengakibatkan longsor yang berdampak pada hilangnya nyawa manusia, rusaknya infrastruktur, terputusnya jalur transportasi, dan masih banyak lainnya yang merugikan kehidupan.

Berkurangnya Penyuplai Oksigen

Pernahkah anda mendengar bahwa Indonesia merupakan paru-paru dunia. Kenapa Indonesia termasuk ke dalam salah satu paru-paru dunia ? Yaps, karena di Indonesia banyak terdapat hutan-hutan yang masih asri dan pepohonannya beragam juga berlimpah. Sebagaimana kita ketahui, tanaman dalam proses fotosintesisnya, menghasilkan beberapa senyawa diantaranya O2 atau biasa disebut Oksigen. Oksigen sendiri merupakan salah satu sumber kehidupan yang sangat vital dan sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup. Nah, jika keberadaan tumbuhan di alam berkurang. Tentu penghasil oksigen pun berkurang, akibatnya tentu sangat merugikan bagi kelangsungan hidup. Misalnya kelangkaan oksigen, pencemaran udara dan masih banyak kerugian lainnya.

Kenaikan Muka Air Laut

Penebangan bakau pada pesisir akan menyebabkan kenaikan muka air laut. Sehingga tambak-tambak ikan dan udang beberapa wilayah di Indonesia akan ikut tenggelam. Seperti di pantai-pantai Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, Sulawesi Selatan dan masih banyak lagi.

sumber: http://sarapandulu.blogspot.co.id
Dampak Berkurangnya Keanekaragaman Tumbuhan Dampak Berkurangnya Keanekaragaman Tumbuhan Reviewed by Sumber Ilmu on 20:58 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.