Cara Memulai Usaha Daur Ulang Plastik

businessnthings.com
Cara Memulai Usaha Daur Ulang Plastik
Pada saat menghabiskan suatu produk, pasti kita akan membuang kemasannya begitu isinya telah dihabiskan. Kemasan tersebut dibuang begitu saja, padahal jika dimanfaatkan, plastik tersebut masih memiliki nilai yang cukup lumayan. Sebagai gambaran, harga biji plastik PP (polipropilena) yang biasa dibuat untuk wadah aki, berkisar antara Rp 19.000,00/kg. Sedangkan limbah wadah tersebut dihargai Rp 10.000,00-Rp 15.000,00/kg. Jika Anda bisa mengumpulkan wadah aki sebanyak 1 ton, maka Anda dapat menghasilkan uang Rp 10 juta-Rp 15 juta selain pendapatan dari timah. Selain itu, juga ada pengusaha yang melakukan refurbish pada limbah aki tersebut sehingga dapat dipakai kembali. Harganya berkisar Rp 75.000/unit aki. Jika Anda dapat mengumpulkan 100 unit aki bekas saja, maka Anda sudah mendapatkan uang Rp 7,5 juta. Hal tersebut belum dihitung limbah plastik botol atau limbah plastik lainnya yang nilainya hampir sama.

Daur ulang plastik
Jika Anda bisa melakukan daur ulang dalam bentuk cacah atau pelet, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari itu. Untuk proses cacah, botol-botol plastik dikelompokkan berdasar warna dan jenisnya, lalu dicacah. Setelah dicacah, botol plastik tersebut dikeringkan, dimasukkan ke dalam oven, lalu siap dijual. Hasil dari cacahan tersebut digunakan sebagai bahan baku benang polyester. Jenis plastik yang digunakan untuk membuat cacahan tersebut didapat dari limbah botol plastik minuman jenis PET (polyethylene terephthalate). Sedangkan untuk membuat tali rafia, jenis sampah yang digunakan adalah jenis sampah plastik gelas minuman jenis PP (polypropylene). 

Penasaran dengan cara memulai usaha daur ulang plastik? Ini caranya!
Untuk memulai usaha daur ulang plastik, maka hal pertama yang harus Anda siapkan adalah lokasi. Oleh karena sampah ini berbau, maka Anda membutuhkan tempat yang cukup jauh dari pemukiman dan pastikan Anda memiliki ijin usaha dan persetujuan dengan lingkungan sekitar. Selain itu, Anda juga membutuhkan mesin, antara lain pemecah, pemilah, pemotong, pencacah, sistem pencucian (pembersihan) dan mesin pengering. Buatlah alur transportasi dari klien Anda menuju tempat daur ulang sampah Anda. Hal ini termasuk menyediakan bak sampah ke klien Anda dan truk berjalan untuk mengambil sampah-sampah yang ada dan kemudian membawanya ke pabrik daur ulang sampah Anda.

Terakhir, promosikan bisnis Anda kepada daerah-daerah, atau lingkungan-lingkungan yang memerlukan daur ulang sampah atau perusahaan manufaktur plastik yang memerlukan plastik daur ulang atau sampah plastik.

Usaha daur ulang plastik tidak hanya menguntungkan, namun Anda juga memberikan dampak positif untuk lingkungan. Demikianlah sekilas tentang Cara Memulai Usaha Daur Ulang Plastik. Semoga bisa membantu Anda.

Sumber: businessnthings.com
Cara Memulai Usaha Daur Ulang Plastik Cara Memulai Usaha Daur Ulang Plastik Reviewed by Sumber Ilmu on 17:33 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.