KHASIAT DAN MANFAAT DAUN KUPU-KUPU UNTUK OBAT DEMAM

KHASIAT DAN MANFAAT DAUN KUPU-KUPU UNTUK OBAT DEMAM
Nama latin tanaman ini adalah Bauhinia purpurea L. yang mempunyai beberapa nama sinonim seperti Bauhinia castrata Blanco, Bauhinia coromandeliana DC., Bauhinia platyphylla Span., Bauhinia purpurea var. corneri de Wit, Bauhinia rosea Corner, Bauhinia triandra Roxb., Bauhinia violacea Corner, Caspareopsis purpurea (L.) Pittier, dan Phanera purpurea (L.) Benth.

Dinamakan bunga Kupu-kupu lantaran sekilas daun bunga tanaman ini menyerupai kupu-kupu. Sedangkan bentuk bunganya sekilas hampir menyerupai anggrek. Dalam bahasa Inggris tanaman ini disebut sebagai Butterfly Tree, Orchid Tree, Purple Bauhinia, dan Purple Camel’s Foot.
google.com (Bunga)
Pohon bunga kupu-kupu dapat dikembangbiakan secara generatif (dengan menggunakan biji) ataupun secara vegetatif, yaitu dengan stek ataupun cangkok. cara pengembang biakan dan Perawatannya cukup mudah bahkan cenderung menjadi tanaman invasif.

Getah dan kayu pohon kupu-kupu mengandung tannic acid dan glukosa. Sedangkan bunganya mengandung astragalin, isoquercitrin, guercetin, pelargonidin 3-glukoside, dan 3-triglucoside butein galactoside. Dengan kandungannya tersebut, bunga kupu-kupu dapat digunakan sebagai anti-bakteri, anti-diabetes, analgesic, anti-inflammatory, anti-diare, anti-kangker, nephroprotective, dan aktivitas regulasi hormon tiroid. Pun untuk mengobati nyeri, rematik, pembengkakan paha, kejang, dan diare (bunga).

Tumbuhan bunga kupu-kupu terdaftar dalam status keterancaman yang dikeluarkan oleh IUCN Redlist. Statusnya adalah spesies Least Concern.

Klasifikasi Ilmiah Bunga Kupu-kupu : Kingdom : Plantae. Divisi : Tracheophyta. Kelas: Magnoliopsida. Ordo : Fabales. Famili : Fabaceae. Genus : Bauhinia. Spesies : Bauhinia purpurea L.

google.com (daun)
Khasiat
Daun dan akar Bauhinia tomentosa secara tradisional dikenal berkhasiat sebagai obat demam dan obat mencret.

Ramuan Demam dan Mencret dengan Tanaman Daun Kupu-Kupu:
cara : ambil  ± 15 gram daun segar Bauhinia tomentosa, dicuci, kemudian di potong-potong.  Setelah itu diseduh dengan 1 gelas air panas mendidih.  Dinginkan dan Hasil seduhan diminum sekaligus.

Sumber: alamendah.org
KHASIAT DAN MANFAAT DAUN KUPU-KUPU UNTUK OBAT DEMAM KHASIAT DAN MANFAAT DAUN KUPU-KUPU UNTUK OBAT DEMAM Reviewed by Sumber Ilmu on 09:04 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.