Manfaat Jahe

Jahe atau bernama latin (Zingiber officinale), adalah tanaman rempah-rempah dan bahan obat yang sangat populer. Rasa pedas pada jahe disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Jahe diperkirakan dari india namun ada pula yang mempercayai jahe berasal dari Republik Rakyat Tiongkok selatan.




Di Jawa sendiri terdapat tiga jenis jahe. jahe mprit (tekstur jahe kecil dan pedas), jahe gajah (tektur besar cenderung tidak sepedas jahe emprit) dan Jahe merah

Jahe sangat banyak digunakan untuk bumbu masak, sambal, dan juga minuman, bahkan di beberapa daerah jahe dapat kita temui berbentuk permen.


Manfaat jahe bagi kesehatan

1.     Mengatasi masalah pencernaan

Kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan.


2.     Mengurangi mual

3.     Mengurangi rasa sakit

Suatu penelitian yang dilakukan di University of Georgia menyatakan bahwa konsumsi suplemen jahe setiap hari dapat mengurangi sakit-sakit otot yang diakibatkan oleh berolahraga hingga 25%. Manfaat jahe juga dapat mengurangi sakit akibat dysmenorrhea, rasa sakit pada saat menstruasi. Dalam suatu penelitian, disebutkan bahwa 60% wanita merasa rasa sakit yang dikarenakan oleh menstruasi berkurang setelah mengonsumsi jahe.

4.     Melindungi anda dari kangker

Gingerol dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar. University of Minnesota melakukan percobaan kepada sekelompok tikus, pada kelompok yang diberi gingerol terdapat 4 tikus yang mengalami tumor usus besar, sementara pada kelompok yang tidak diberi gingerol terdapat 13 tikus yang mengalami pertumbuhan tumor. Sampai pada hari ke 49 penelitian, seluruh tikus yang tidak diberi gingerol akhirnya disuntik mati karena pertumbuhan tumornya sudah terlalu besar, sementara pada tikus yang diberi gingerol ukuran tumornya setengah dari ukuran tikus yang disuntik mati.

Peneliti yang sama kemudian menguji apakah selain mencegah pembentukan tumor, gingerol juga dapat mencegah penyebaran dan mengurangi tingkat keparahan sel tumor. Penelitian tersebut memberikan hasil positif. Gingerol dinilai mampu mencegah penyebaran dan bertambah parahnya sel tumor yang sudah tidak dapat dioperasi.

5.     Anti peradangan

Mengonsumsi jahe tidak hanya mengurangi rasa sakit tetapi juga mengurangi pembengkakan pada bagian yang sakit.


Baca Juga:

Manfaat Kluwak yang jarang orang tahu

Manfaat dan kasiat trembesi

Manfaat Jahe Manfaat Jahe Reviewed by Sumber Ilmu on 22:12 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.