Pendidikan untuk anak sekolah dasar



Kegiatan pendidikan lingkunga untuk anak sekolah dasar di cetuskan oleh salah satu organisasi pencinta alam di salah satu kota industri yang sangat terkenal dengan ciri khasnya yaitu kota kudus.
Gagasan/ide kegiatan EEPC di atas dimunculkan oleh UKM Mapala “Arga Dahana” UMK pertama kali pada tahun 2001 sebagai suatu bentuk pendidikan awal tentang pelestarian lingkungan bagi siswa Sekolah Dasar (SD). dengan cara berkegiatan langsung di alam terbuka di lingkungan sekolah  yang dirasa lebih efektif dalam membangun kesadaran siswa sekolah untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekitar sekolah sebagai tahap awal upaya membangun kesadaran masyarakat dalam melestarikan lingkungan hidup pada umumnya. Adapun siswa yang dipilih untuk kegiatan EEPC ini adalah siswa kelas III dan IV yang tersebar di 4 Sekolah Dasar.

baca juga: upaya-mendidik-pelestarian-lingkungan


Tujuan pelaksanaan kegiatan EEPC ini adalah :
1.      Menumbuhkan kesadaran dan minat siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) untuk gemar menanam dan menjaga keberadaan tanaman serta kondisi alam di lingkungan sekolah dan rumah mereka.
2.      Menumbuhkan kesadaran dan minat siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) untuk lebih mencintai kondisi alam lingkungan sekolah dan rumah mereka dengan cara tidak membuang sampah di sembarang tempat.
3.      Membangun sikap keteladanan para siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam hal pelestarian alam dan lingkungan se dini mungkin.
4.   Menjadikan pendidikan lingkungan untuk dijadikan Muatan Lokal di sekolahan.

semoga hal ini menjadi inspirasi teman-teman khususnya teman teman pencinta alam 

baca juga: bupati-kudus-luncurkan-buku-muatan
 
Pendidikan untuk anak sekolah dasar Pendidikan untuk anak sekolah dasar Reviewed by Sumber Ilmu on 06:10 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.